BAGAIMANA CARA OBAT BEKERJA DALAM MENYEMBUHKAN PENYAKIT

Sebelum kita membahas tentang cara suatu obat bisa menyembuhkan penyakit, terlebih dahulu kita akan membahas sedikit tentang penyakit. Secara garis besar, penyakit dapat dikelompokkan ke dalam :

  1. Penyakit infeksi **** yakni penyakit yang terjadi karena adanya infeksi atau serangan makhluk hidup yang biasa kita kenal dengan kuman di dalam tubuh kita. Karena penyebabnya adalah makhluk hidup, maka tingkat keparahannya sangat ditentukan oleh ganas atau tidaknya serta jumlah dari kuman ini . Kuman bisa berkembang biak dengan cara dan kecepatan yang menakjubkan ( dalam hitungan jam ) . Jika tidak ada upaya yang dilakukan untuk membasmi kuman ini dari tubuh, maka jumlah mereka yang semakin banyak akibat berkembang biak, akan memperparah penyakit. Kuman sendiri bisa dikelompokkan menjadi beberapa golongan, antara lain bakteri, virus, jamur, dan parasit. Contoh penyakit infeksi antara lain hepatitis, TBC, infeksi saluran kencing, dan lain-lain.
  2. Penyakit non infeksi **** yaitu penyakit yang tidak berkaitan dengan kuman. Walaupun beberapa penyakit ini bisa diawali oleh infeksi kuman. Contohnya infeksi kuman pada hati menyebabkan hati menjadi rusak. Rusaknya hati ini berakibat pada terganggunya fungsi hati pada periode selanjutnya walaupun kuman penyebab awalnya telah dimusnahkan. Penyakit non infeksi adalah penyakit yang berkaitan dengan gangguan fungsi normal dari tubuh. Misalnya kerusakan ginjal, jantung, hipertensi, dan lain sebagainya. Penyebabnya bisa bermacam-macam seperti trauma ( kecelakaan ), kurang minum ( gangguan ginjal ), keracunan obat atau bahan kimia ( ginjal, hati, paru-paru ), dan sebagainya.

Salah satu tujuan utama dari penggunaan obat adalah untuk menyembuhkan penyakit. Mengacu kepada jenis penyak di atas maka tentu saja obat bisa dikelompokkan ke dalam dua golongan tersebut, yakni :

  • Obat untuk penyakit infeksi **** Tujuan dari pemakaian obat ini adalah untuk membunuh kuman/ infektan sebagai penyebab penyakit. Kelompok obat ini dikenal dengan antiinfeksi/ antibiotik. Antibiotik yang ideal adalah obat yang secara spesifik hanya bekerja membunuh kuman tanpa mempengaruhi fungsi tubuh manusia tempat kuman hidup. Dengan terbunuhnya kuman maka perkembangan penyakit akan terhenti dan proses penyembuhan akan cepat. Karena yang dihadapi oleh obat ini adalah makhluk hidup yang bisa berkembang biak, maka kerja obat akan berpacu dengan kemampuan hidup dan berkembang biaknya kuman. Sehingga hal yang sangat penting diperhatikan dalam menggunakan obat antibiotik adalah jangan sampai terlewatkan dosisnya. Misalnya ketika kita lupa minum obat yang seharusnya tiap 12 jam menjadi tiap 24 jam, maka dalam waktu 12 jam kekosongan obat dalam tubuh, kuman bisa berkembang biak menjadi lebih banyak. Hal yang sama bisa juga terjadi ketika kita minum obat kurang dari dosis yang seharusnya. Misalkan dosis ampuhnya obat 500 miligram ( berdasarkan hasil penelitan ), jika kita hanya minum 250 miligram tentu saja tidak efektif. Contoh obat kelompok ini adalah amoksisilin, ampisilin, eritromisin, siprofloksasin, etambutol, asiklovir, dan lain-lain.
  • Obat untuk penyakit non infeksi **** Obat ini bekerja dengan jalan mengembalikan fungsi normal dari organ tubuh yang terganggu. Misalnya ketika  terjadi gangguan dalam fungsi ginjal, maka obat akan bekerja dengan memperbaiki gangguan tersebut. Kalau pada penyakit infeksi, perkembangan penyakitnya bisa sangat cepat, maka penyakit non infeksi berkembangannya tidak secepat itu. Walaupun begitu, kepatuhan dalam meminum obat ini tetap diperlukan terutama untuk penyakit-penyakit tertentu sepertu hipertensi, diabetes, jantung, dan lain-lain. Contoh obatnya adalah glibenklamid, captopril, nifedipin, paracetamol, aspirin, dan lain-lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: